Rabu, 14 Desember 2011

ISS: International Space Station and IT Telkom Satellite Society


Sudah lama tidak Posting lagi semenjak saya off Job dari kantor lama :) Meskipun sudah tidak di provider satelit lagi, namun saya masih menekuni dunia persatelitan hingga saat ini. Berikut adalah post saya mengenai rencana kerjasama ARC ITT dan AMSAT-ID untuk dapat kontak AR dengan ISS (International Space Station) dan juga berdirinya IT Telkom Satellite Society.


Amateur Radio on the International Space Station

Bagi rekan yang belum tahu ISS, maka berikut saya suguhkan video ISS (Stasiun Luar Angkasa) yang sedang mengorbit di orbit LEO. Sangat menarik sekali para Astronot disana dapat merekam pemandangan bumi dari ketinggian angkasa seperti di video berikut.


Earth | Time Lapse View from Space, Fly Over | NASA, ISS from Michael König on Vimeo.

dan, berikut adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan dari dalam kabin ISS dengan seorang Amatir Radio di bumi bernama Robb Kunz yang berlangsung beberapa menit saja.


My two way contact with Doug Wheelock on the International Space Station (ISS) from Robb Kunz on Vimeo.

Tentunya komunikasi tersebut dapat berlangsung karena perangkat dan mode komunikasi Amatir Radio yang dimiliki kedua belah pihak baik di Bumi atau ISS itu sendiri. Tak sabar rasanya ingin juga mencoba kontak komunikasi dengan para astronot ISS di luar angkasa dari perangkat Ground Station yang kita miliki melalu Band Amatir. Beruntungnya hal tersebut akan sangat mungkin terlaksana melalui kerjasama dengan AMSAT-ID (Amateur Satellite Indonesia).

ARC ITT, ORARI JABAR dan AMSAT-ID dalam diskusi

Pada beberapa pekan yang lalu, kami tim ARC ITT berkesempatan untuk meramaikan acara Solo International Techno Exhibition 2011 sebagai peserta pameran di Keraton Kasunanan Surakarta, Solo. Pada acara tersebut juga hadir AMSAT-ID untuk mengisi sesi Pameran dan juga Workshop AMSAT. Kebetulan di sela acara saya bertemu dengan Bp. Hakim Satar - YB0AN (President of AMSAT-ID) dan juga Bp. Gunarso - YB1LZ  (Kabid. Optek ORARI Jabar). Alhasil dengan momentum yang tepat tersebut kami memulai diskusi perkembangan kegiatan AMSAT di Indonesia dan juga di kalangan akademisi kampus. Diskusi tersebut akhirnya berujung pada kesepakatan kami semua pada saat itu yaitu ARC ITT, ORARI Jabar dan juga AMSAT-ID untuk dapat menyemarakkan kegiatan AMSAT di ranah akademisi.

Logo Amateur Radio on ISS
Usulannya adalah menyemarakkan kembali roadshow Workshop AMSAT di kota-kota nusantara dengan menyertakan/menggandeng kalangan akademisi agar ikut terlibat. Namun tidak hanya itu, untuk dapat lebih menarik minat mahasiswa dalam mengeluti kegiatan AMSAT ini, Bp. Hakim Satar selaku President of AMSAT-ID juga menawarkan kesempatan untuk dapat komunikasi dengan ARISS - Amateur Radio on ISS pada workshop yang akan diadakan nanti.

Tentunya ini jadi motivasi tambahan bagi kami ARC ITT selaku mahasiswa/kalangan akademisi untuk selalu tertarik dengan bidang kedirgantaraan dan juga Amatir Radio. Kami ARC IT Telkom pada diskusi lalu menyatakan kesiapan untuk menjadi Gateway komunikasi dengan para Astronout (Ground to Space) bila diperlukan nantinya untuk kelanjutan kegiatan ini. Gateway yang dibangun nantinya akan di-Linking dengan Komunikasi Terrestrial (VHF, HF, eQSO, IQSO maupun Echolink) sebagai media penghubung menuju gateway agar dapat diakses dimana saja, tentunya dengan seizin AMSAT-ID dan juga ORARI Daerah.


ISS: IT Telkom Satellite Society
Unofficial ISS Logo
IT Telkom Satellite Society

Workshop Nanosatelit
 IT Telkom
Selaras dengan cita-cita dan komitmen IT Telkom dalam mengembangkan riset luar angkasa melalui teknologi satelit yaitu, dengan diawalinya Workshop Nanosatelit di IT Telkom pada 26 Maret 2010 yang melibatkan kerjasama dengan Tim INSPIRE. Maka dihasilkanlah sebuah Riset Grup Nanosatelit IT Telkom pada kesempatan workshop tersebut serta dilanjutkan dengan bergabungnya Tim IT Telkom dalam proyek IiNusat-1. Dalam perkembangan komitmennya tersebut, yaitu bertepatan pada acara Seminar Nanosatelit pada tanggal 30 November 2011, IT Telkom akhirnya mendeklarasi terbentuknya IT Telkom Satellite Society (ISS) sebagai wadah dimana seluruh insan baik dosen, mahasiswa, alumni dan praktisi bisa bergabung untuk berkontribusi mengembangkan riset tersebut.

Komunitas satelit seperti ISS ini pun telah hadir lebih dulu di kampus ITB dan ITS sebagai wadah regenerasi yang berorientasi pada pengembangan teknologi satelit Indonesia di masa depan. Komunitas Satelit Nasional pun telah dideklarasikan di Surabaya dengan mengambil moment ISCoS 2011 - Indonesian Student Conference on Satellite. Tentunya banyak sekali harapan yang bernaung pada komunitas-komunitas seperti ini guna sumbangsih terhadap ilmu pendidikan, masa depan dan hal-hal strategis lainnya dibidang teknologi antariksa.

Foto bersama pasca acara Workshop Nanosatelit
26 Maret 2010 di Pusat Desain Telekomunikasi IT Telkom

Bahkan tak sedikit para praktisi satelit nasional yang mengacungi jempol dan berharap Komunitas Satelit Nasional bisa mengisi dan memberi warna baru di dunia per-satelit-an nasional. Semoga segala pihak yang terlibat baik pemerintah, akademisi maupun praktisi dapat menjadikan momen ini sebagai bangkitnya kembali per-satelit-an indonesia yang telah lama lesu. Bravo Satelit Indonesia!!


Salam mengangkasa,
~I Dream of Satellite~


2 komentar:

  1. Mantap bro, sukses terus dunia per"satelitan"nya..
    Sampai jumpa di angkasa.. :)
    -Victor-

    BalasHapus
  2. Sama-sama OM Victor.. Sampai jumpa juga di Angkasa :)

    Salam.

    BalasHapus